Pages

Senin, 06 Juni 2016

EVALUASI PEMBELAJARAN



 
Evaluasi dalam belajar dan pembelajaran merupakan suatu proses sistematis untuk menentukan pemerolehan hasil belajar dan nilai tentang proses pembelajaran berdasakan kriteria tertentu. Kegiatan evaluasi sangat penting dilakukan oleh guru selama proses belajar dan pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk mengadakan perbaikan dan untuk mengetahui kemampuan siswa. Evaluasi dalam proses belajar dan pembelajaran dituntut memenuhi syarat-syarat berupa (i) kesahihan, (ii) keterandalan, dan (iii) kepraktisan untuk memperoleh kesahihan, keterandalan dan kepraktisan evaluasi tersebut seorang evaluator di tuntut mempertimbangkan faktor-faktor yang terkait dalam kegiatan penilaian.
Dalam kegiatan evaluasi hasil belajar, seorang evaluator umumnya menempuh tahap-tahap persiapan, penyusunan alat ukur, pelaksanaan pengukuran, pengolahan hasil pengukuran, penafsiran hasil pengukuran, pelaporan hasil pengukuran dan penggunaan hasil evaluasi.
Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses penentuan nilai, jasa, atau manfaat kegiatan pembelajaran berdasarkan kriteria tertentu melalui kegiatan pengukuran dan penilaian. Evaluasi pembelajaran memiliki fungsi dan tujuan, sasaran, dan prosedur tertentu. Pada umumnya fungsi tujuan evaluasi pembelajaran berorientasi pada pengembangan pembelajaran dan akreditasi. Adapun sasaran evaluasi pembelajan tertuju pada tujuan pembelajaran, dinamika pembelajaran, pengelolaan pembelajaran dan kurikulum. Prosedur evaluasi pembelajran umumnya terdiri dari lima tahap berupa tahap-tahap penyusunan rancangan, penyusunan instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan evaluasi pembelajaran. Pada tempatnya seorag guru profesional dapat melakukan kegiatan sebagai evaluator pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar