Evaluasi
dalam belajar dan pembelajaran merupakan suatu proses sistematis untuk
menentukan pemerolehan hasil belajar dan nilai tentang proses pembelajaran
berdasakan kriteria tertentu. Kegiatan evaluasi sangat penting dilakukan oleh
guru selama proses belajar dan pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk
mengadakan perbaikan dan untuk mengetahui kemampuan siswa. Evaluasi dalam
proses belajar dan pembelajaran dituntut memenuhi syarat-syarat berupa (i)
kesahihan, (ii) keterandalan, dan (iii) kepraktisan untuk memperoleh kesahihan,
keterandalan dan kepraktisan evaluasi tersebut seorang evaluator di tuntut
mempertimbangkan faktor-faktor yang terkait dalam kegiatan penilaian.
Dalam kegiatan evaluasi hasil belajar, seorang evaluator
umumnya menempuh tahap-tahap persiapan, penyusunan alat ukur, pelaksanaan
pengukuran, pengolahan hasil pengukuran, penafsiran hasil pengukuran, pelaporan
hasil pengukuran dan penggunaan hasil evaluasi.
Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses penentuan
nilai, jasa, atau manfaat kegiatan pembelajaran berdasarkan kriteria tertentu
melalui kegiatan pengukuran dan penilaian. Evaluasi pembelajaran memiliki
fungsi dan tujuan, sasaran, dan prosedur tertentu. Pada umumnya fungsi tujuan
evaluasi pembelajaran berorientasi pada pengembangan pembelajaran dan
akreditasi. Adapun sasaran evaluasi pembelajan tertuju pada tujuan
pembelajaran, dinamika pembelajaran, pengelolaan pembelajaran dan kurikulum.
Prosedur evaluasi pembelajran umumnya terdiri dari lima tahap berupa
tahap-tahap penyusunan rancangan, penyusunan instrumen, pengumpulan data,
analisis data, dan penyusunan laporan evaluasi pembelajaran. Pada tempatnya
seorag guru profesional dapat melakukan kegiatan sebagai evaluator
pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar